Ads

Ad

Sunday, April 28, 2013

Beberapa Fakta Penting dan Mitos tentang Siklus Menstruasi

      
      Menstruasi adalah keluarnya bulanan darah dan jaringan dari rahim seorang wanita. Hal ini juga disebut periode bulanan atau menstruasi. Hal ini normal dan sehat dan bukan tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Seorang gadis umumnya mulai menstruasi ketika dia mulai pubertas. Rata-rata usia menstruasi adalah 13 tahun. Perempuan selama menstruasi perlu menggunakan pembalut untuk menyerap aliran menstruasi.
      Menstruasi biasanya berlangsung antara dua sampai delapan hari dan terjadi sebulan sekali. Perdarahan yang normal berlangsung dari 3 sampai 5 hari. Periode menstruasi rata-rata adalah empat hari dan jumlah darah yang dikeluarkan bervariasi dari satu sampai lima ons.
     Ini biasanya terjadi setiap bulan antara pubertas dan menopause, tetapi bukan pada saat wanita tersebut menyusui atau hamil. Ini terjadi karena hormon seks membuat endometrium tumbuh lebih tebal dan lembut dan kenyal, siap untuk menerima ovum dibuahi. Jika tidak ada sel telur yang dibuahi edometrium menebal tidak diperlukan, sehingga melepaskan diri dari rahim dan melewati keluar dari vagina bersama dengan sedikit darah selama periode bulanan. Setelah menstruasi, endometrium mulai menebal lagi dan siklus menstruasi keseluruhan berulang.
      Jika seorang wanita telah terlibat dalam hubungan seks tanpa alat kontrasepsi dan periode menstruasi berhenti, dia mungkin hamil dan harus ke dokter. Sekitar 50% wanita tidak menstruasi sementara mereka sedang menyusui bayi.
    Banyak gadis dan wanita tidak memiliki masalah ketika mereka menstruasi. Tetapi beberapa mendapatkan sakit atau kram dan nyeri di perut mereka yang lebih rendah sebelum dan selama menstruasi. Beberapa perempuan dan anak perempuan juga mendapatkan sakit dada, sakit kepala dan merasa lelah.
Beberapa gadis dan wanita memiliki masalah yang sama setiap kali, setiap kali mereka memiliki periode bulanan mereka. Masalahnya biasanya dimulai satu atau dua minggu sebelum periode menstruasi. Mereka bervariasi dari wanita untuk wanita, tetapi mencakup hal-hal seperti perubahan suasana hati, depresi, kecemasan, sakit kepala, merasa kembung, payudara sakit, pusing, meletakkan berat badan, dan keinginan untuk tepung dan makanan manis. Masalah biasanya hilang setelah periode menstruasi dimulai dan kemudian kembali lagi sebelum yang berikutnya dimulai.
      Diharapkan bahwa seorang wanita yang mulai menstruasi pada usia 13, berhenti di 50. Mereka mungkin mengalami menstruasi tiga atau empat kali dalam tahun pertama. Menstruasi Seorang wanita paruh baya juga bisa menjadi tidak teratur sebelum menopause.
     Kejutan tiba-tiba, khawatir atau sukacita dapat mempengaruhi siklus dan dapat membuat periode bulanan datang terlambat atau awal atau mencegahnya sama sekali. Ada wanita yang teratur ke waktu. Lainnya tidak pernah cukup yakin kapan harus mengharapkan periode. Pengaruh iklim, cara, kecenderungan konstitusional dan turun-temurun hidup juga dapat menyebabkan variasi.
      Ada banyak mitos yang terkait dengan menstruasi. Ada banyak yang harus dilakukan atau tidak harus diikuti selama periode ini seperti Anda tidak harus mencuci rambut atau mandi atau bermain olahraga dll. Beberapa pembatasan agama dan budaya juga dikenakan selama menstruasi seperti gadis-gadis tidak bisa masuk dapur atau melakukan ibadah di kuil dll.
      Semangat selama siklus bulanan cukup signifikan pada wanita. Kadang-kadang keinginan untuk seks cukup signifikan pada wanita selama periode ini. Beberapa peneliti medis telah meyakinkan menetapkan bahwa hubungan seksual yang dilakukan selama periode menstruasi tidak berbahaya sama sekali. Jika mitra tidak memiliki masalah, mereka riang bisa pergi ke depan. Selain itu, ada keuntungan yang kemungkinan pembuahan yang diabaikan selama periode ini.
      Masih dianggap tidak higienis di banyak komunitas untuk menikmati seks selama periode ini. Ada, bagaimanapun, tidak diragukan lagi bahwa tindakan seperti medis tidak dilarang tapi jelas mereka akan menyebabkan banyak ketidaknyamanan untuk kedua.
      Kegiatan moderat dan latihan selama periode ini membantu meringankan kram. Jika Anda mengalami perdarahan banyak, itu adalah ide yang baik untuk menggunakan handuk sanitasi untuk perlindungan ekstra. Anda dapat melakukan semua kegiatan rutin Anda seperti biasa.
  
Artikel ini tidak dimaksudkan untuk memberikan nasihat kesehatan dan untuk informasi umum saja. Selalu mencari wawasan dari profesional kesehatan yang berkualitas sebelum memulai setiap program kesehatan.
Ad

    Pengunjung

    Flag Counter